October 31, 2008

Penamaan Orang Bali

Filed under: Kebudayaan Masyarakat Bali — Tags: , — sahuta @ 6:02 am

I Putu Mahardika
I Made Mahardata
Ni nyoman Rahma
I Ketut Dogler

pasti semua udah pada tahu bahwa ini nama orang bali. ya ga??
sebenarnya kenapa sih orang bali harus pake nama beginian, ada undang-undang ga sih?? aturannya apa sih??
ok, kita bahas nama-nama ini ya, budaya nama yang unik di bali.

kita mulai dari apa arti dari nama-nama ini. Sebenarnya, nama ini adalah menunjukkan orang itu anak keberapa. ini bukanlah menyangkut undang-undang. tapi untuk mempermudah mengetahui status orang itu saja. dan mengingatkan ke orang itu bahwa jangan lupa sama tanah kelahiran.

nama PUTU/Wayan adalah nama depan yang diberikan untuk anak pertama .
nama Made/Kadek adalah nama depan yang diberikan untuk anak ke-2.
nama Nyoman/Komang adalah nama depan yang diberikan untuk anak ke-3
nama Ketut adalah nama depan yang diberikan untuk anak ke-4

berarti orang bali hanya boleh punya anak 4 aja dong???gimana kalo ada anak ke-5, ke-6 dan ke berikutna??
Begini nama Putu, Wayan, Made, Kadek, Nyoman, Komang Ketut itu bisa berputar. maksudnya jika ada anak ke-5 , maka anak itu nama depannya bisa Putu/Wayan, trus anak ke-6 jadi Made/Kadek lagi, begitu seterusnya, seperti rooling lagi gitu. ga susah kan.

trus kata I dan Ni artinya apa ya??
kata depan I pada nama menandakan dia itu laki-laki, kata Ni menandakan dia perempuan. tapi kadang orang-orang ada yang tidak memakan kedua kata ini, bisa langsung putu, wayan atau apa gitu. tergantung dari keinginan si pemberi nama.

selain itu ada juga nama yang menandakan kasta DLL. nah untuk itu gw ga bahas disini ya. di topik lain.

ok ada sebuah tips buat gw, kalo lo ke bali dan ga tau nama orang disana. gampang aja. kalo ada anak kecil dan kita ga tau namanya. bisa kok kita panggil dia “gus” untuk laki-laki dan “gek” untuk perempuan. apa sih arti nama ini??
gus itu singkatan dari Bagus yang artinya ganteng
dan gek itu adalah singkatan dari Jegeg yang artinya cantik. jadi kalo mau manggil anak kecil, cukup panggil “gus sini” maka anak itu pasti datang ke sini.(hehehehe). tapi sapaan ini bukan cuma buat anak kecil loh. bisa juga untuk remaja. kadang sih ya, pemuda bali kalo mau ngerayu gadis Bali pakeknya gek loh. hehehe(gombal ya)

nama lain lagi adalah Gede dan Luh . kalo ini sih gw blum dapet pencerahan. tapi kata Gede ada 2 arti bisa sama artinya dengan Putu ato berupa kasta. kata luh bisa berupa pelengkap kata Ni. dimana luh atau iluh itu sebenarnya berarti perempuan.

penataan nama seperti ini tidak ada sangkut pautnya dengan agama. ini adalah budaya dari orang yang lahir di bali. ini sebagai penunjuk bahwa dia ini lahir di bali atau orang bali. begitu….

sumber : http://wikansadewa.blogspot.com

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

The WordPress Classic Theme. Create a free website or blog at WordPress.com.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: