July 11, 2008

Monumen Bajra Sandhi

Filed under: Objek Wisata — Tags: , , , , — sahuta @ 4:16 am

Monumen Bajra Sandhi terletak di kawasan Renon, Kota Denpasar, Propinsi Bali. Monumen ini didirikan pada tahun 1987 namum baru diresmikan pada 14 Juni 2003 oleh Presiden Megawati Soekarno Putri.

Tujuan pembangunan monument ini adalah untuk mengenang perjuangan masyarakat bali dan menyalurkan kreasi seni masyarakat Bali serta mewariskannya pada generasi muda. Nama Bajra Sandhi terinspirasi dari bentuk bangunanya yang mirip lonceng (genta/bajra) yang dipakai pedanda (pendeta agama hindu di Bali) dalam memimpin kegiatan persembahyangan.

Pada monumen ini perjalanan sejarah masyarakat bali tergambar jelas melalui 33 unit diorama. Diorama-diorama tersebut disusun melingkar mengikuti kontur ruangan. Setiap diorama berisi patung-patung lengkap dengan seting lingkungan alamiahnya. Untuk memudahkan pengunjung dalam memahami isi diorama tersebut, pada bagian luar terdapat label informasi dalam tiga bahasa : Bahasa Bali dalam aksara Jawa Kuno, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

Di bagian-bagian awal diorama ditampilkan manusia purba pada masa berburu dan meramu. Di sana digambarkan pithecanthropus erectus sedang berburu babi dengan kapak genggam. Bagian selanjutnya menggambarkan perkembangan masyarakat bali pada masa kerajaan, masa penjajahan, masa revolusi fisik, hingga pasca kemerdekaan. Pada bagian akhir diilustrasikan proses pembangunan Universitas Udayana yang berlangsung pada tahun 1975.

Setelah puas menikmati ilustrasi sejarah melalui diorama, pengunjung dapat menaiki tangga untuk mencapai puncak monumen yang berbentuk genta. Dari puncak monumen tersebut pengunjung dapat menyaksikan keindahan kota Denpasar dari ketinggian sekitar 45 meter. Bila waktunya tepat, maka pengunjung dapat menyaksikan pemandangan matahari terbenam (sunset) dari puncak monumen.

1 Comment »

  1. disni aq ketemu bpk. SBY coz wkt itu ada acara pembukaan Pesta Kesenian Bali. walaupun hrs berdesak2an. tp ga pa2 jd nongkrong dsana ma tmn2. n bsa d foto ma bule. lucunya pas pulang krna g ada angkot akhirnya qta nebeng mobil angkut pasir. pokok’y pengalaman paling seru…

    Comment by Vera — October 10, 2008 @ 11:22 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: